Jumat, 02 Desember 2016

Merawat Kedamaian

Saya bahkan tak mengucapkan "Selamat Natal dan Selamat Tahun Baru" di Molas Hombel. Untuk kesekian kalinya, penyakit malas dalam dunia blogging adalah penyakit paling susah disembuhkan. Malas menulis, malas berpikir, malas mencari inspirasi, malas menarasikan, dan sebagainya. Maka, sambil berbenah pikiran dan mengasa jari jemari, tulisan ini sebaiknya tanpa judul. Itu yang terpikirkan saat hendak kembali menjalankan jari di atas papan tombol handphone. Lalu, teringat, malam Natal kemarin (24 Desember 2016), banyak orang yang unggah status "Merawat Kedamaian"

Merawat Kedamaian by DarrenHester

Tetapi, rasa bersyukur untuk setahun yang telah dilewati, tahun 2016, itu wajib. Setahun itu tidak lama. 360 hari itu sangat sedikit. Rasa-rasanya begitu. Pada hari-hari yang telah pergi itu, ada peristiwa-peristiwa hidup yang terjalani: baik yang berujung bahagia maupun yang berujung kurang beruntung-gagal, sedih, air mata. Di 2016, semuanya tersedia. Tak cukup lah satu badan blog ini untuk dituliskan semuanya. Alam, ah, di penghujung tahun, hujan dia hadiahkan di bumi Nuca Lale. Yang ke Gereja pada malam Natal dan dua hari setelahnya mengeluhkan hal yang sama; hujan, basah, dingin. Untuk yang terakhir, tak perlu lah dijadikan keluhan.

Tanpa hujan, Ruteng tetaplah dingin. Kabar baiknya Natal ternyata bukan hanya perayaan Gereja di Ruteng. Natal tidak hanya tentang kue-kue lezat di meja tamu. Tetapi, Natal itu senang, sukacita, damai. Bukankah saat Natal kita saling bersalaman, berjabat tangan? Itu damai. Damai sekali. Bahkan, kerap rasa bersalah itu timbul saat tidak lejong Natal di keluarga-keluarga, di kenalan, di sahabat-sahabat atau orang terkasih lainnya saat Natal itu tiba. Itu penuh damai, kan? Memunculkan rasa bersalah saja, sudah wujud keintiman kita pada kedamaian; fisik dan batin, jiwa dan raga dengan.

Saya percaya, kedamaian saat Natal bukanlah kemunafikan. Atau sekedar ritual bersalam-salaman dengan sesama. Dia asli, tidak dibuat-buat, atau tidak berpura-pura damai demi tuntutan tradisi Natal. Di saat Natal tiba, kita bahkan mendatangi orang lain untuk menebar kedamaian. Bukan pula karena terpaksa itu dilakukan. Natal memang dilahirkan sebagai damai. Kadang, di situ saya merasa Ruteng begitu baik bagi orang-orang di dalamnya.

Setelah tebar kedamaian saat Natal, ada lagi waktu lain yang lebih banyak menawarkan damai; Tahun Baru. Jelang pergantian tahun, biasanya, di rumah-rumah hening yang dihadirkan. Duduk melingkar, mata terpejam, berdoa bersama. Intinya, terimakasih untuk setahun yang telah lewat. Begitu setianya kita di Ruteng pada kedamaian. Panggilan jiwa untuk masuk ke suasana kedamaian itulah titik beratnya. Menjadi berat jika, damai di saat Natal, damai di malam tahun baru itu, kembali menjelma menjadi dengki, amarah, konflik dan berkelahi setelah tanggal baru di tahun baru tiba.

Maka, merawat kedamaian itu biarlah menjadi pekerjaan terus menerus. Tidak karena ritual "lejong Natal" saat Natal, atau tidak juga karena duduk rame-rame di malam tahun baru. Merawat kedamaian perlu untuk jadi pekerjaan terus menerus; saban hari, saban bulan, hingga menemukan Natal-Natal dan banyak malam tahun baru lainnya.

Selamat Natal 25 Des 2016, Selamat Tahun Baru 2017. Tuhan Menyertai kita semua. Amin